Kamis, 07 Maret 2013

PANTAI SUWUK

Kebumen memang kaya lokasi wisata. Letak kabupaten Kebumen yang berada si pesisir selatan samudera Indonesia ini ternyata telah memberikan nilai plus yang tak ternilai harganya, yaitu berupa pantai-pantai yang sangat menarik dan elok. Lokasi wisata Kebumen mayoritas mengandalkan jenis wisata alam baik yang berupa pantai, goa ataupun waduk-waduk. Beberapa pantai di Kebumen yang sangat dikenal adalah Pantai Ayah atau disebut juga dengan Pantai Lohgending, Pantai Karangbolong, Pantai Menganti, Pantai Pasir, Pantai Petanahan, Pantai Bocor dan tak ketinggalan adalah Pantai Suwuk.  
Pantai Suwuk terletak di desa Suwuk, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Jika anda dari arah Gombong maka dibutuhkan waktu sekitar 45 menit, namun jika anda berasal dari arah kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menuju Petanahan dan setengah jam berikutnya menuju Pantai Suwuk. Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendels dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju ke Pantai Suwuk. Pantai Suwuk merupakan pantai laut selatan yang langsung menghadap Samudera Indonesia, pantai ini sejajar dengan pantai pandan kuning Petanahan Kebumen. Bedanya pantai ini bersebelahan dengan Pantai Karangbolong dan dibatasi oleh Sungai (Kali dalam bahasa jawa) Suwuk yang bermuara di pantai Selatan. Karena lokasinya itulah maka disebut Pantai Suwuk. Dari Puring berjarak sekitar 4,5 km. secara daya tarik sepertinya memang tak ada yang istimewa dari pantai ini tetapi secara tradisional pantai selatan pada umumnya menarik banyak perhatian wisatawan terutama pada hari raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha dan juga pada saat musim liburan sekolah.  
Jika Dibandingkan dengan pantai lain, maka pantai suwuk ini memiliki pemandangan yang lebih bagus karena merupakan muara sungai dan berbatasan dengan pegunungan kapur yang elok memanjang dari utara sampai selatan, dan berbatasan langsung dengan pegunungan dan Pantai Karangbolong.  
Dengan harga tiket yang relatif terjangkau di Pantai Suwuk anda bisa memanjakan anak untuk berenang air laut yang ditampung dengan menggunakan terpal sehingga tidak perlu takut ombak besar, naik kuda, dan berbagai permianan yang digerakkan dengan tenaga manusia. Juga tak kalah lezatnya adalah makanan khas berupa lotek, lepet dan tempe mendoan yang masih panas. Bisa juga naik kapal rakit untuk menyeberang sungai suwuk menuju Karang Bolong.
 sumber materi: wisata kebumen.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar