Sabtu, 16 Juli 2011

ANATOMI BLOG

Setelah memahami pengertian blog, ada baiknya mengetahui juga tentang anatomi blog dan istilah-istilahnya untuk mempermudah dalam ngeblog nantinya, berikut adalah anatomi blog dan istilah-istilah ngeblog, yaitu:

Konten (Content)
Konten adalah komponen yang paling penting dari blog kita. Bentuknya bisa berupa artikel perorangan, masukan, atau tulisan-tulisan. Konten utama blog diatur dalam urutan kronologis mundur yaitu tulisan terbaru berada paling atas dan diidentifikasi oleh tanggal, waktu, dan penulis.

Judul Tulisan (Headline)
Mengidentifikasi isi dan / atau tema dari setiap posting blog, judul tulisan bertindak sebagai indikator penting bagi pembaca blog dan pelanggan. Judul berkualitas akan menarik perhatian pembaca dan bila mencakup kata kunci yang potensial bisa meningkatkan peringkat di mesin pencari, peningkatan link oleh pembaca dan distribusi yang populer di jaringan sosial seperti Digg dan del.icio.us.

Komentar (Comments)
Dalam setiap tulisan, pembaca dapat memberikan tanggapan dan berbagi saran. Tergantung pada informasi yang ingin dibagi oleh pemberi komentar biasanya komentar terdiri dari nama pemberi komentar, situs web, tanggal dan waktu yang terkait dengannya. Nama-nama pembaca akan dihubungkan ke situs mereka jika ada. Pada bagian komentar ini dapat juga berisi Pelacakan (Trackbacks) dan Pingbacks.

Komentar Spam
Spam adalah masalah yang berlaku tidak hanya di email tapi juga di blog. Komentar spam biasanya mengandung hanya beberapa kata dan terhubung ke sebuah situs. Tujuan pemberi spam adalah mendapatkan sebanyak mungkin link ke situsnya sehingga memberi mereka peringkat di search engine lebih tinggi.

Arsip (Archives)
Setiap tulisan disimpan dan diberi katalog berupa tanggal atau pun kategori yang bisa ditelusuri sebagai arsip. Arsip biasanya terlihat pada sidebar, ataupun pada halaman terpisah.

Kategori (Categories)
Adalah bentuk penggolongan tulisan blog. Setiap kali menerbitkan tulisan kita dapat memberi label, atau sering disebut sebagai tag, dengan satu atau lebih kategori yang menjelaskan isinya. Kategori biasanya ditampilkan pada sidebar maupun di bagian atas blog, dan saat diklik akan menampilkan semua tulisan yang sesuai. Kategori akan membantu pembaca blog kita memilih topik tulisan yang mereka minati.

Blogroll
Daftar blog atau situs favorit kita.

Widget
Terpasang di sidebar atau footer dari sebuah blog, widget adalah panel aksesori yang memberikan informasi tambahan bagi pembaca blog. Blogroll juga merupakan sebuah widget di WordPress. Widget lainnya yang banyak digunakan adalah Tulisan Terpopuler, Komentar Terbaru, Tulisan Terbaru, Pemberi Komentar Terbaik, dan Kalender. Ada ratusan bahkan ribuan Widget yang bisa ditambahkan ke blog kita.

RSS/Atom Feed
Sering dilambangkan dengan sebuah tombol warna orange, RSS adalah sebuah singkatan dari Really Simple Syndicationa atau Rich Site Summary yang berfungsi untuk berlangganan tulisan dari blog. Dengan mengklik tombol RSS, pembaca dapat berlangganan ke blog kita menggunakan aplikasi pembaca RSS reader seperti Google dan menerima pemberitahuan setiap kali kita menerbitkan sebuah tulisan.

Trackbacks
Fitur Trackback membantu para blogger mendapat link back ke tulisan lain dengan subyek yang berhubungan. Secara fungsi memang agak rumit Jika kita menulis tentang sesuatu yang pernah kita baca di blog lain dan kita mengutipnya dengan mencantumkan alamat URL blog tersebut, maka secara otomatis blog tersebut akan mendapat pemberitahuan tentang tulisan kita. Dan jika pemilik blog tersebut menyetujui, maka link kita akan terpasang di blog-nya.

Trackback spam
Sama engan komentar spam, namun dilakukan melalui Trackback.

Pings
Ada beberapa blog pelacakan situs web di mana kita dapat mencari blog-blog lainnya dan mencari tulisan terbaru. Jika platform blog yang kita gunakan memungkinkan kita untuk melakukan ping ke situs-situs tersebut ketika membuat tulisan, maka tulisan kita akan dikirim dan dimasukkan dalam ping situs indeks, yang berpotensi meningkatkan trafik kita.

Aggregation
Banyak paket platform software blog yang memungkinkan kita untuk menangkap dan menampilkan RSS atau Atom feed blog orang lain. Ini berguna jika kita ingin membuat situs yang terus diperbarui oleh fed konten blog. Misalnya, seorang blogger yang posting tentang politik dapat menangkap feed dari blog politik lainnya.

Moblogging
Moblogging adalah singkatan dari mobile blogging. Banyak software blog yang memperbolehkan kita menerbitkan tulisan dengan mengirim melalui e-mail dari mobile phone kita, PDA, atau dari mana pun yang memungkinkan untuk mengirim email.

Blacklist
Blacklists biasanya adalah daftar URL yang diidentifikasi sebagai URL spam dan karenanya dihilangkan dari komentar dan trackback blog kita. Dengan banyaknya penyedia software blog, perusahaan software membangun dan memelihara daftar umum dari blacklist ini dan semua pengguna dapat memberikan kontribusi.

Captchas:
Captchas merupakan tambahan fitur untuk memberikan komentar dan pendaftaran pengguna. Dengan memberikan gambar yang berisi huruf dan angka, dan diperlukan oleh pengguna untuk mengetik sesuai huruf dan angka itu, software blog dapat menghilangkan beberapa komentar dan Trackback spam robot yang dihasilkan oleh program.

Pengalihan URL (URL Redirection)
Dalam upaya untuk membuat komentar dan Trackback spam tidak efektif, link dalam komentar dan Trackback diberi label NOFOLLOW yang menunjukkan ke mesin pencari agar link tersebut tidak dihitung ketika mesin pencari melakukan pemberian ranking situs.

Skins
Sebagian besar blog menyertakan seperangkat template yang sudah didesain untuk memberikan tampilan blog tertentu dan menarik. Ini disebut skins.

Post scheduling
Beberapa perangkat lunak blog memungkinkan anda untuk menulis posting dan jadwal mereka yang akan dipublikasikan di beberapa titik di masa depan. Hal ini berguna untuk liburan dan hari libur.

Bookmarklets
Bookmarklet adalah link langsung ke halaman posting baru blog kita. Jika kita menambahkan Javascript kecil ini ke toolbar browser kita, ini adalah jalan pintas ke pembuatan tulisan dengan cepat.
Sumber: bloggerpemula.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar