Rabu, 21 November 2012

Kelapa Hijau Bakar

Minum es kelapa muda bisa dibilang hal yang biasa. Namun, bagaimana dengan kelapa hijau bakar. Apakah Anda pernah mencoba? Kalau belum, maka sebaiknya Anda segera mencicipi. Konon kelapa hijau bakar diyakini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan bermacam penyakit dari asam urat, kolesterol, darah tinggi, kencing batu, ginjal hingga menghancurkan lemak dan juga sebagai terapi bagi yang mempunyai diabetes. Sebagai catatan, menurut penjaja kelapa hijau bakar di daerah colomadu Solo bagi yang mempunyai diabetes kelapa hijau bakar ini sebaiknya di konsumsi secara murni tanpa bahan campuran apapun. 
Meski begitu, kelapa hijau bakar ini jarang sekali ditemukan di Jakarta. Namun bagi anda yang berada di sekitar Semarang, Solo dan Jogja mungkin akan mudah menemukan para penjaja kelapa hijau bakar ini. Seperti di daerah Solo kelapa hijau bakar akan mudah di temukan di sepanjang jalan antara Bandara Adi Sumarmo menuju Manahan atau sebaliknya. 
Seperti namanya, kelapa hijau bakar merupakan buah kelapa hijau muda yang dibakar minimal tiga jam sampai air dalam buah kelapa mendidih. kemudian dicampurkan dengan tambahan bahan berupa rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga cengkeh, kedaung, daun pandan, sereh, telur bebek dan madu. Rempah-rempah ini digodok sampai matang hingga mendapatkan sari-sarinya yang berkhasiat. Bahkan dapat di campur dengan berbagai campuran lainnya seperti kopi instan atau yang lainnya sesuai minat dan selera para konsumen.
Kelapa hijau bakar ini dapat dinikmati panas atau didinginkan dengan campuran es batu. Bahkan air kelapa hijau yang di bakar dapat bertahan hingga 4 sampai 5 jam selama masih berada dalam buah kelapa tersebut. Rasa Air kelapa muda yang manis berpadu padan dengan aroma rempah-rempah. 
Rasa hangat begitu terasa dalam tenggrokkan. Tak hanya itu, keringat pun mengalir deras usai menenggak habis kelapa hijau bakar. Daging kelapa mudanya juga punya rasa berbeda walau tidak senikmat daging kelapa muda biasa. Untuk menikmati sajian kelapa hijau bakar memang tidak ada aturan baku. Minuman kesehatan ini juga tidak mengenal batasan usia untuk mengkonsumsinya. Selama dalam konsumsi batas wajar, kelapa hijau bakar minimal mampu menjaga kebugaran tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar