Jumat, 16 November 2012

Pantai Ayah / Lohgending

Pantai ayah di wilayah kabupaten Kebumen Jawa Tengah, mempunyai pesona yang indah apabila dinikmati dari sisi memandang yang lain, misalnya kita nikmati dari atas bukit disebelah timur, kita akan mendapatkan sensasi pandangan yang lain.

Untuk dapat menikmati panorama seperti yang ada disamping ini, apabila kita sampai dilokasi wisata ini, lanjutkan dengan menyusuri jalan yang melewati bukit. Hati-hati jalanya sempit dan sedikit curam di kanan atau kiri jalan adalah jurang yang agak dalam. Kurang lebih setelah berjalan menanjak kurang lebih 20 menit dengan roda empat atau roda dua apabila memandang kearah barat akan terlihat jemmbatan Pantai ayah dan Nusa Wunggu yang indah. Sepanjang mata memandang hanyalah decak kagum dengan keindahan alam ciptaan Tuhan. Apabila hanya sekedar lewat saja, maka dapat melanjutkan perjalanan menuju ketimur, mengikuti jalan maka akan sampai ke Gombong atau ke Kebumen. Bahkan akan sampai ke Yogyakarta karena jalan ini memang jalur disiapkan untuk lintas selatan selatan, namun harap hati-hati karena jalanya sempit dan menanjak dan berliku namun aspal jalan sudah hotmix mulus sampai ke wilayah Puring. Sedangkan Puring ke Wates selang seling aspalnya mulus. Setelah masuk wilayah perbatasan Purworejo sampai Yogyakarta sudah beraspal hotmix, dan bisa memacu kendaraan sampai 100 km/jam, tetapi hati-hati karena jalan ini juga sebagai perlintasan warga dari dan ke pantai atau ladang.
Jarak total dari Cilacap ke Yogyakarta adalah kurang lebihnya 181 km dan dapat ditempuh 2.5 sampai 3 jam. Selamat menikmati perjalanan. Pantai ini dapat dikatakan terlengkap dibandingkan pantai-pantai lain. Selain diapit oleh dua pegunungan yang membuat pemandangan indah, pantai ini juga menjadi lahan para nelayan untuk menunjang kehidupan rutinnya sehari-hari. Tiap hari puluhan jongkong berjejer di pantai itu, kecuali jongkong-jongkong yang melaut. Pemandangan seperti ini merupakan ciri khas dan spesifik pantai nelayan. Di pantai ini, juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI) dan penangkaran ubur-ubur. Yang paling menarik untuk diperhatikan adalah batu karang berbentuk pintu gerbang. Pintu gerbang penuh misteri ini adalah Pintu Gerbang Nyi Roro Kidul. Dari kejauhan, pintu gerbang yang memikat ini terlihat seperti seekor beruang yang sedang minum air laut. Keberadaan pintu gerbang yang satu-satunya itu, semakin mencuatkan nama Pantai Logending sebagai objek wisata di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Dan ini pulalah panorama indah yang disajikan untuk Anda. Sumber materi: kebumen.itgo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar