Rabu, 21 November 2012

Sate Kuda

Sate kuda mungkin masih awam di kalangan masyarakat walau telah banyak orang yang telah membuka rumah makan dengan menu daging kuda yang di saji dengan menu sate, tongseng dan lain-lain namun di kalangan penggemarnya sate kuda ini sangat terkenal karena khasiatnya. Salah satunya adalah Warung Makan Sederhana “Sate kuda Pa Yo” yang beralamat di Utara Balai Kambang Sumber-Solo.

Pa Yohanes atau yang biasa di panggil Pa Yo adalah salah seorang kawan dan juga rekan kerja sewaktu saya masih bekerja di salah satu percetakan buku di kota solo. Selain bekerja di percetakan tersebut Pa Yo bersama Istri membuka sebuah rumah makan sederhana dengan menu daging kuda, awalnya warung makan Pa Yo berada di kawasan Stadion Manahan Solo, karena kawasan stadion Mahanan di tertibkan oleh pemerintah setempat maka warung makan Pa Yo pun pindah ke alamat yang tersebut di atas. Warung makan Pa Yo menyediakan menu sate, tongseng, nasi goreng daging kuda, terpedo, otak, abon dan lain-lain tapi untuk Terpedo dan Otak pelanggan di harap memesan terlebih dahulu. Adapun daging kuda yang di peroleh Pa Yo berasal dari salah satu desa di Kota Bantul-Yogyakarta. sering kali saya di ajak Pa Yo untuk membeli daging kuda tersebut, di sana dapat melihat pengolahan daging kuda mulai dari penyembelihan sampai di bersihkan dan timbang.
Sate kuda cukup digemari untuk kalangan orang yang tidak terlalu suka kolesterol, memang benar bahwa sate kuda memiliki kadar kolesterol yang rendah namun kaya akan serat. Seratnya besar seperti daging kerbau. Tapi tenang, sate kuda Pa Yo ini diolah sedemikian rupa sehingga meski seratnya besar, dagingnya tetap empuk dan mudah dicerna, apalagi di sajikan saat masih hangat. Khasiat daging kuda sendiri ternyata sangat banyak untuk tubuh manusia, antara lain menambah stamina, asma, diabetes, menurunkan kolesterol dan menurunkan darah tinggi, gizi daging kuda itu tinggi dan kolesterolnya rendah semua khasiat itu di lontarkan langsung dari para pelanggan yang menikmati masakan daging kuda di warung makan sederhana Pa Yo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar